Receh untuk Buku

dok. pribadi

dok. pribadi

Sudah sejak tahun 2013 saya mengikuti program ‘Receh untuk Buku‘ yang diadakan oleh salah satu anggota Blogger Buku Indonesia. Sasaran program ini adalah untuk membeli buku dari hasil pengumpulan uang receh/koin di rumah kita sendiri selama satu tahun.

Saya mengikuti program ini karena ingin memanfaatkan uang receh di rumah kami yang terkadang suka tercecer di laci atau tempat-tempat tak terduga. Uang receh yang saya kumpulkan selama satu tahun tersebut kemudian saya belikan buku untuk Pustaka Hanan. Lumayan juga lho dapatnya, bisa membeli cukup banyak buku. Tahun 2013 terkumpul Rp. 86.500, tahun 2014 terkumpul Rp. 405.000, dan terakhir tahun 2015 dapatnya Rp. 216.000. Alhamdulillah.

Hasil Receh untuk Buku tahun 2013

Hasil Receh untuk Buku tahun 2013

Hasil Receh untuk Buku tahun 2014

Hasil Receh untuk Buku tahun 2014

Hasil Receh untuk Buku tahun 2015

Hasil Receh untuk Buku tahun 2015

Tahun ini, saya sudah sampaikan ke orangtua dan adik di rumah kalau saya sedang ikut program receh untuk buku ini. Saya sampaikan juga kalau dananya nanti akan dibelikan ke buku. Alhamdulillah, mereka bersedia. Jadi ketika setiap anggota keluarga punya uang receh, uang tersebut langsung kami masukkan ke kotak receh. Kebetulan ayah saya diberi kotak akrilik yang biasa untuk kotak amal itu oleh temannya. Besar, haha. Jadilah kami mengumpulkan recehan-recehan kami di kotak ini.

kotak celengan receh kami yang baru

kotak celengan receh kami yang baru (dok. pribadi)

Program seperti ini bagus juga diterapkan di perpustakaan-perpustakaan atau rumah masing-masing. Mengumpulkan uang seperti ini tidak terasa, lama-lama sudah banyak aja. Semoga program ini bisa kami laksanakan secara rutin.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This