Rak Buku dari Kaleng Kerupuk Bekas

Tak selamanya rak buku itu harus terbuat dari kayu atau besi. Sejatinya apa saja bisa disulap menjadi rak buku, termasuk kaleng kerupuk bekas seperti yang dibuat oleh para pecinta buku di Yogyakarta ini. Mereka memanfaatkan kembali kaleng kerupuk menjadi sebuah rak buku unik dan menarik.

Kredit Foto: Sholeh Ug

Kredit Foto: Sholeh Ug

Foto ini saya peroleh dari pak Sholeh, salah seorang penggiat buku di Yogyakarta sekaligus editor di penerbit Navila. Rak-rak buku unik ini merupakan desain panggung dalam acara puncak memperingati bulan buku di Yogyakarta pada tahun 2009 yang lalu.

Tujuan dibuatnya kreasi rak buku ini adalah untuk menunjukkan bahwa perpustakaan bukanlah tempat berisi rak buku kusam yang menakutkan, tetapi dengan kreatifitas, perpustakaan bisa menjadi tempat yang menyenangkan, sumber digalinya inspirasi dan motivasi hidup.

Anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Jika ada kaleng kerupuk yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi, kita bisa mengubahnya menjadi rak buku seperti ini. Cukup lubangi saja bagian depan atau kacanya untuk tempat memasukkan buku, lalu balut sekeliling kaleng dengan kertas kado agar terlihat lebih cantik. Bisa juga digunakan kertas atau kain perca. Kreasikan sesuka kita. Gantung bersusun dan berjejer rapi seperti foto di atas. Sekarang perpustakaan kita sudah memiliki tambahan rak baru, ‘kan?

Selain unik, cantik dan kreatif, kita juga turut andil mengurangi sampah kota. Seru ya?

1 Comment

  1. amazing…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This