Tips Menyampul Buku

Sebagian orang, termasuk saya, lebih suka bila buku yang kita miliki berada dalam keadaan rapi dan bersih. Nah, untuk tujuan itu, menyampulnya dengan plastik bening adalah solusi terbaik. Plastik bening akan tetap menampilkan cover apa adanya sekaligus melindungi buku dari debu dan kotoran. Masalahnya, saya dulu hanya tahu cara menyampul buku seperti orang kebanyakan, yakni menggunakan steples maupun selotip yang direkatkan ke sampul buku. Tahukah kita bahwa menyampul buku seperti itu bisa merusak fisik buku? Steples akan meninggalkan bekas bolongan dan juga noda karat. Selotip yang direkatkan ke cover buku akan menyebabkan kertas cover sobek bila suatu saat kita ingin mengganti sampul plastiknya jika sudah jelek.

Bagaimana menyampul buku tanpa merusaknya? Sebagian teman saya hanya cukup membalutkan plastik bening dan melipatnya tanpa perlu merekatkannya dengan selotip, tapi cara ini agak kurang bisa saya terapkan karena plastik sampul akan mudah lepas. Lalu saya menemukan tutorial menyampul plastik non-destruktif di Kursi Baca, lengkap dengan gambar animasinya. Caranya sama seperti menyampul buku pada umumnya, hanya saja selotip direkatkan ke sesama plastik, bukan ke cover bukunya. Berikut ini saya sadur caranya.

  1. Sebaiknya buku disampul dengan plastik bening polos (tidak bercorak), dengan ketebalan yang tidak begitu tebal, juga tidak tipis. Usahakan plastik yang digunakan adalah plastik yang tidak menempel satu sama lainnya. Jika buku kita berjumlah banyak (mungkin ratusan atau ribuan), lebih baik membeli plastik meteran sejumlah 1 roll karena lebih murah harganya dibanding beli per meter.

    Untuk memudahkan kita memotong-motong plastik, gulungan plastik tersebut bisa kita potong terlebih dahulu sesuai ukuran tinggi buku. Memotongnya bisa di tempat penjual plastik atau juga bisa kita potong sendiri menggunakan pemotong seperti gergaji. Saya memotong gulungan plastik menggunakan gergaji untuk beberapa ukuran buku seperti komik, novel, dan untuk buku yang ukurannya besar.

    gulungan plastik yang sudah dipotong-potong

    gulungan plastik yang sudah dipotong-potong

  2. Siapkan plastik dan sesuaikan dengan ukuran buku. Pinggir plastik disisakan tidak terlalu lebar dan tidak terlalu kecil agar mudah melipatnya ke dalam.
    kredit foto: KursiBaca

    kredit foto: KursiBaca.com

  3. Gunting bagian tengah plastik. Lipat plastik bagian kiri dan kanan, lalu gunting bagian pojoknya seperti gambar di bawah ini.
    Kredit foto: KursiBaca.com

    Kredit foto: KursiBaca.com

  4. Lipat plastik dengan posisi lipatan seperti pada gambar di bawah ini.
    Kredit Foto: KursiBaca.com

    Kredit Foto: KursiBaca.com

  5. Rekatkan selotip di antara plastik sampul, bukan ke badan buku. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
    Kredit foto: KursiBaca.com

    Kredit foto: KursiBaca.com

    Kredit foto: KursiBaca.com

    Kredit foto: KursiBaca.com

  6. Selesai. Sekarang buku kita sudah rapi dengan sampul plastik yang bersih. Dengan cara ini, kita tidak perlu merusak buku kita jika suatu saat ingin melepas dan mengganti sampulnya. Nilai jual kembali buku kita (jika suatu saat ingin dijual) juga tidak jatuh karena kondisi bukunya masih mulus. Terima kasih buat KursiBaca.com atas tutorialnya.

    Selamat mencoba!

3 Responses to “Tips Menyampul Buku”

Read below or add a comment...

  1. MuRaDa says:

    wah infonya bagus bangat deh.

  2. Tips yang bermanfaat.

  3. Hasnawati Qayyimah says:

    Hehehehe, tips-tips di atas persis yang saya terapkan ketika teman-teman meminjam buku saya.

Leave A Comment...

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *