Software Klasifikasi dan Database Katalog Perpustakaan

Bagi mereka yang memiliki perpustakaan di rumah, membuat manajemen database buku-buku di perpustakaan tentu menjadi hal yang sangat penting. Jika koleksi buku-buku kita masih sedikit, maka kita bisa membuatnya secara manual menggunakan program microsoft excel dan microsoft access. Namun jika buku perpustakaan kita sudah berjumlah sangat besar, tentu hal tersebut menjadi kurang efektif. Selain lama dan memakan waktu, melakukannya secara manual merupakan hal yang melelahkan dan tidak efisien. Maka untuk menghemat waktu dan membuat manajemen kita efektif, kini banyak tersedia software untuk membuat database katalog buku-buku perpustakaan.

Sebelum mengunduh software, ada baiknya mengetahui sedikit tentang klasifikasi dan katalogisasi perpustakaan. Meskipun kita bukan berbasis ilmu perpustakaan, tapi tak ada salahnya membaca e-book berikut ini, agar nantinya kita lebih paham cara kerja membuat klasifikasi dan katalog di perpustakaan kecil kita. Memulai sesuatu yang kecil dengan cara ideal akan lebih baik ketimbang kita melakukan kerja dua kali nantinya.

Berikut ini adalah beberapa software open source dan gratis terbaik yang banyak digunakan. Sebagiannya dibuat sendiri oleh anak negeri kita. Info software ini saya peroleh dari blognya e-ddc.org.

Software Klasifikasi Buku

  • e-DDC
    Software e-DDC (electronic-Dewey Decimal Classification) adalah software yang dapat membantu kita untuk membuat klasifikasi nomor buku berdasarkan sistem DDC. Dengan adanya software ini, kita jadi lebih mudah mencari nomor DDC dan membuat klasifikasi dan penomoran buku ketimbang melakukannya secara manual. Saya sudah mencobanya. e-DDC ini benar-benar memudahkan saya untuk menentukan DDC sebuah buku. Kabar baiknya lagi, e-DDC ini buatan anak negeri lho.

    Cocok untuk: perpustakaan pribadi dan umum

    >> Download e-DDC di sini

Software Manajemen Buku Perpustakaan

  • Senayan
    Senayan adalah software open source berbasis web untuk database skala kecil sampai besar. Fiturnya lumayan lengkap dan detil, termasuk fitur pencarian variatif. Senayan sangat cocok untuk perpustakaan yang memiliki koleksi buku, anggota dan jaringan yang sudah sangat banyak, sebab akan mempermudah akses digital di mana dan kapan saja. Aplikasi ini bisa dijalankan di jaringan internet maupun lokal (intranet). Untuk membuat perpustakaan online atau digital, aplikasi ini sangat direkomendasikan.

    Fitur:

    • Mode pencarian sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search)
    • Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate on-thefly.
    • Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku.
    • Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk kebutuhan web service.
    • Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
    • Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Pengarang, Penerbit, Lokasi, Supplier, dan lain-lain.
    • Manajemen keanggotaan.
    • Sirkulasi dengan fitur: Transaksi peminjaman dan pengembalian, Reservasi koleksi, Aturan peminjaman yang fleksibel, Informasi keterlambatan dan denda.
    • Inventarisasi koleksi (stocktaking)
    • Laporan dan Statistik
    • Pengelolaan terbitan berkala
    • Dukungan pengelolaan dokumen multimedia (.flv,.mp3) dan dokumen digital. Khusus untuk pdf dalam bentuk streaming.
    • Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk bahasa yang tidak menggunakan penulisan selain latin.
    • Menyediakan berbagai bahasa pengantar (Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab, Jerman).
    • Dukungan Modul Union Catalog Service
    • Counter Pengunjung perpustakaan
    • Member Area untuk melihat koleksi sedang dipinjam oleh anggota
    • Modul sistem dengan fitur: Konfigurasi sistem global, Manajemen modul, Manajemen User
    • (Staf Perpustakaan) dan grup, Pengaturan hari libur, Pembuatan barcode otomatis, Utilitas untuk backup

    Cocok untuk: Perpustakaan Umum

    >> Download Senayan di sini

  • label dan barcode yang diprint menggunakan SLiMS

    label dan barcode yang saya print menggunakan SLiMS Senayan

  • BookDB2.2
    BookDB2.2 digunakan untuk mendata koleksi buku-buku perpustakaan pribadi kita. Kita bisa menyimpan data-data seperti judul, penulis, penerbit, kategori, jumlah halaman, tahun terbit, dan sebagainya. Ada juga pilihan untuk mendata peminjam buku, jadi software ini bisa kita gunakan juga untuk mencatat siapa saja yang meminjam buku tersebut.

    Cocok untuk: perpustakaan pribadi

    >> Download BookDB2.2 di sini

  • OpenBiblio
    OpenBiblio berbasis open source dan cukup stabil. Software ini menyediakan menu Online Public Access Catalog (OPAC), sirkulasi (circulation), katalogisasi (cataloging) dan laporan (report).

    Cocok untuk: Perpustakaan Umum

    >> Download OpenBiblio di sini

Semoga bermanfaat!

39 Comments

  1. terima kasih untuk semuanya tapi bagaimana penggunaan bookDB itu, sampai saat ini saya belum juga bisa menggunakannya, mohon bantuannya

  2. @yesi, caranya tinggal entry saja data-data buku yang tertera di dalam software itu. Trus save, nanti dia akan tersimpan. Sebenarnya masih ada software database yang lain, tetapi kebetulan file saya tidak ada lagi.

  3. THANKS FOR YOUR APLICATION

  4. blognya bagus nian, tolong dong kasi tahu caranya. kre_z6@yahoo.co.id
    Semoga amal baik anada dibalas dengan derajat yang paling tinggi.
    Buat menu kitak2 di atas tu juga ya….

  5. Wah, blognya cuakep nian bang….
    Tolong dung bagi ilmunya… Palagi yu yang ada tambahan menu kotak2 di atas tu. Pengen banget yang gituan.
    ke sini ya : kre_z6@yahoo.co.id
    thanks… Moga amal baik anda dibalas dengan setinggi2 nya

  6. salam kenal dri mustafa Aceh…blog nya bags banget…ni da info ne untuk teman-teman pustakawan kalo pingin software perpustakaan boleh kunjung blogs saya..insan-pustaka.blogspot.com

    semoga pustaka indonesia terus berjaya

  7. good luck for share ilmu….

  8. Asw… maaf maz sya pingin sekali buat perpustakaan tapi terkendala dana coz buku yang sya harapkan tidak sesuai dg jumlah uang yang saya miliki lah ketika membuka blog ini saya langsung tertarik mao buat perpustakaan online. yang sya bingung caranya gmn za. JZKLLH Khoir ditunggu…root_dwyana@yahoo.co.id

  9. thanks …

  10. saya sudah download vi ko nga bisa ya
    apa saya harus dowload program baru ?
    thx

  11. @rico, ga bisa nya dimana? Ini saya jalanin bisa kok bro. mungkin downloadannya belum sempurna. besar file nya 2 MB an. Itu dalam bentuk winrar, jadi bro harus extract dulu isinya. pake software winrar (mirip winzip)

  12. Cakep-cakep!!! blognya pas dengan Dunia Perpustakaan

  13. Ass,.salam kenal,.sy adil dr Perpustakaan FKM UH bth softwere tuk perpustakaan yg saat ini sy kelola yaitu perpustakaan Fakultas..trimakasih sebelumnya…

  14. Sy sdh cb download software bookDB tp ko'g bisa y,.mohon bantuannya,.alamt email sy ahmad_adil80@yahoo.co.id..trima kasih..

  15. info..sekarang ada software pustaka yg bagus di senayan.diknas.go.id or purwoko.staff.ugm.ac.id/…/workshop-nasional-senayan-library-software/ or kangbudhi.wordpress.com/…/panduan-menginstal-program-aplikasi-automasi-perpustakaan-senayan/

  16. asw…siang, saya mau minta tolong?? kira2 ad g program sofware data base, utk mendata buku2 yang mau di Entry….thanks. from Pustaka Agribisnis UNRI. adeng.hidayah@gmail.com

  17. maturnuwun untuk sopwere nya…sementara saya coba dulu ya….sukses selalu ya gan

  18. mohon kirim sofware untuk entry data perpustakaan kami baru buka perpustakaan di tanjabbarat jambi..please ke hisnulyunji@yahoo.com

  19. wah inspiratif banget niih… sy jadi mo juga buat PERPUS ONLINE d LP3I Cirebon… klo boleh tutorial'y.. maturnuhun lah sebelum'y
    alcaponegino@yahoo.com

  20. dahsyat. makasih ya dah share info2 tentang perpustakaannya. saya jadi bersemangat ngelola perpus UKMF saya neh. klo da info terbaru mohon share ya.

  21. makasih pak!

  22. Terima kasih softwarenya sob, oia, cara pakainya gmana?

  23. Mohon panduan penggunaan aplikasi BoookDB2.2 mas ?, secepatnya. Trmksh

  24. Hai
    Saya sudah lama mencari software mem-perpustaka-kan koleksi buku-buku saya. Terima kasih banyak atas info di atas. Apakah kesemua prpgram ini bisa diunduh gratis tanpa bayaran? Saya tunggu jawabannya ya. Terima kasih [sudah bersemangat banget nih. Cemangaattttt]

    • itu semua gratis kok. linknya kan sudah saya sertakan di postingan ^^
      selamat mencoba πŸ™‚

  25. Terima kasih, saya sudah lumayan lama pakai BookDB2 karena rekomendasi dari web ini πŸ™‚ tapi sekarang saya kena masalah πŸ™ laptop yang saya pake buat mendata buku2nya rusak (layarnya gak bisa nyala) sementara saya naro boodDB nya di desktop, bukan di D.

    Pertanyaannya, kalau nanti datanya sudah bisa diselamatkan, bisa gak dipindah ke komputer lain??? kalo harus mendata ulang, sya agak sangguuup πŸ™ bukunya lebih dari 1500

    • di BookDB2 ada fasilitas atau opsi export/import file dengan format .csv ga mbak? biasanya software atau aplikasi katalog buku itu dilengkapi dengan fitur export-import file. kalau ada, nanti mbak bisa export aja filenya dalam format file .csv. nanti saat pindah ke komputer lain atau program lain, mbak tinggal import file itu saja.

      saya memang cuma sebentar pakai BookDB2, jadi untuk fitur-fiturnya belum saya eksplorasi lebih jauh, makanya ga bisa banyak bantu dengan jawaban memuaskan. saya selama ini pakai Senayan.

      Ohya, ada aplikasi android juga untuk pendataan buku, lebih simple. kita bisa add manual, bisa juga lewat scan barcode buku di HP kita. nanti datanya bisa di-export-import juga. Nama aplikasinya Book Catalogue

  26. Terima kasih ya untuk perkongsian hebat ini. Saya cuba muat turun e-DDC tetapi tidak berjaya. Jadi, saya muat turun BookDB. Baru cuba masukkan tiga judul buku, sangat mudah dan tidak perlu secara atas talian. Terima kasih sekali lagi.

  27. Terimakasih Infonya, sangat bermanfaat. sementara ini saya pakai Ms.Excel untuk membuat katalog buku koleksi saya. kira2 ada tidak software yang bisa mengimport data dari Excel ke software tersebut? kalo saya menginput data dari awal lagi sepertinya akan melelahkan

  28. Trima kasih untuk Book DB2 – nya. Pengoperasian DB2 – nya Pakek Scan Barcode Apa harus manual.

  29. Suwun ya min! Sukses terus ☺️

  30. terima kaih atas aplikasinya, tpi saya belum paham penggunaannya.
    tolong bantu utk mendownload aplikasi senayan,

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This