Zona Buku Baru di Pustaka Hanan

Masih ingat, ‘kan, kabar terakhir Pustaka Hanan terkait penambahan 1000 buku di awal tahun 2013 ini? Nah, saat itu kami masih kekurangan rak buku karena rak lama sudah penuh. Alhasil, buku-buku tersebut terpaksa disimpan sementara di lemari pakaian dan container plastik, dan memiliki rak baru menjadi target jangka pendek kami.

Saya berpikir terus mencari jalan bagaimana bisa mendapatkan rak buku. Hitung-hitung budget, belum mencukupi. Mau buat rak sendiri, kendala di bahan dan tenaga. Akhirnya saat itu saya hanya bisa bersabar dan menunggu kesempatan. Sering sekali saya mencari celah, bagaimana caranya agar buku-buku baru tersebut segera mendapatkan rumah barunya. Ting! Peluang itu datang seperti lampu yang menyala di tengah kegelapan. Adik saya menawarkan sebuah rak yang masih bagus dan besar yang ada di kamarnya. Rak tersebut adalah rak bekas dari kantor ayah yang sudah tidak dipakai lagi. Kebetulan adik saya ingin mendesain ulang kamarnya agar bisa sekaligus menjadi studio foto kreasinya sendiri, sehingga rak itu tidak ia perlukan lagi. Pas sekali. Gratis lagi!

Kami pun mulai menata ruangan tengah rumah agar bisa dijadikan zona buku untuk meletakkan dua rak buku besar tanpa harus membuat ruangan sempit. Rak lima tingkat tadi, yang sebenarnya posisinya tinggi vertikal, kami rebahkan secara horizontal dan menjadi rak dua tingkat rendah. Meskipun tidak ada kacanya, tak apa, ini sudah lebih dari cukup untuk rumah baru keluarga buku. Saya harus rajin-rajin membersihkan debu saja supaya buku-buku tetap terawat.

Karena belum sempat membuat data katalog dan labelisasinya, buku-buku tersebut saya kelompokkan ulang berdasarkan genre dan jenisnya untuk mempermudah siapa saja yang ingin mencari buku. Nah, inilah dia penampakan zona buku baru di Pustaka Hanan.

bagian atas: kitab klasik Islam - bagian bawah: fiksi dan buku anak

bagian atas: kitab klasik Islam – bagian bawah: fiksi dan buku anak

buku-buku agama Islam, bisnis, manajemen, motivasi, inspiratif, keluarga, pendidikan, sejarah dan pemikiran

buku-buku agama Islam, bisnis, manajemen, motivasi, inspiratif, keluarga, pendidikan, sejarah dan pemikiran

buku kesehatan, true story, resep, agrobisnis, fiksi umum dan islami

buku kesehatan, true story, resep, agrobisnis, fiksi umum dan islami

ensiklopedi anak, sebagian majalah, dan komik lawas

ensiklopedi anak, sebagian majalah, dan komik lawas

Yang belum punya rumah tinggal majalah, DVD dan kaset. Untuk sementara mereka masih di dalam box plastik. Mudah-mudahan kelak bisa dapat rumah baru lagi untuk mereka.

Alhamdulillaah, ya Allaah…Engkau memberikan kemudahan demi kemudahan kepada kami. Semoga susunan baru ini semakin membuat kami bersemangat membaca dan belajar, mengejar dan mengamalkan ilmu pengetahuan. Aamiin.

Target berikutnya tetap: menambah buku-buku agama ^^

Update September 2013

Rak buku yang pendek itu sekarang jadi tinggi karena didouble atas bawah. Jadi waktu itu memang kita dapat rak bekas dari kantor ayah sebanyak dua buah. Satu di kamar adik, satu lagi di teras belakang. Yang di teras belakang akhirnya kami pindah ke dalam agar tidak lapuk, lalu ditumpuk di atas rak satu lagi. Sekarang raknya jadi besar dan tinggi hihi

rak buku pustaka hanan

dua rak jadi satu. maaf fotonya jelek, diambil dari HP standar hehe (dok. pribadi)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This