CD dan DVD E-Book Gratis dari Project Gutenberg

“Tin..tin…” Klakson motor Pak Pos terdengar di depan garasi rumah kami. Paket apakah gerangan? Perasaan sudah tidak ada pemesanan buku atau apa pun yang berkaitan dengan Pos bulan ini. Sekilas saya lihat, itu seperti amplop khas pengiriman dari luar negeri. Setelah saya menandatangani tanda terima dan Pak Pos menyerahkan amplop itu, baru saya sadari, itu dari Project Gutenberg! Huaaah….akhirnya datang juga!

Project Gutenberg (PG) adalah sebuah proyek digitalisasi, pengarsipan, dan distribusi karya-karya budaya berupa koleksi buku elektronik terbesar dan pertama di dunia. Pendirinya adalah Michael Hart (1947-2011) yang merupakan pelopor e-book dan juga mengembangkan teknologi terkait e-book sampai hari ini. PG didirikan tahun 1971. Sederhananya, Gutenberg menyediakan buku elektronik di websitenya yang bisa kita unduh secara gratis dalam berbagai format termasuk TXT, HTML, PDF, EPUB, MOBI, Kindle maupun audio book. Ada yang berbahasa Inggris, ada juga bahasa lain.

Di Amerika Serikat sana, buku-buku yang sudah terbit lebih dari 50 tahun akan menjadi milik publik (public domain), sehingga bisa direproduksi seperti diberikan gratis dalam format lain atau dicetak ulang. Nah, buku-buku inilah yang kemudian menghiasi rak digital PG. Hart mendirikan proyek ini sendiri bertujuan untuk memberantas kebodohan dan buta huruf, dengan cara membuat buku yang tersedia bagi pengguna komputer tanpa harus mengeluarkan biaya. Salah satu program PG adalah bagi-bagi CD dan DVD gratis atas arsip 36.000 lebih e-book yang mereka miliki untuk selanjutnya didistribusikan ulang ke orang lain. Inilah program yang saya ikuti, yang amplopnya saya terima hari ini.

E-Book Project Gutenberg

Amplop itu berisi 2 keping DVD beserta secarik kertas berisi panduan penggunaan DVD. Proses perolehan DVD ini terbilang cukup lama. Saya bahkan sudah hampir melupakannya, saking lamanya lho. Bayangkan saja, saya request program ini bulan Desember 2012 dan baru tiba pada Agustus 2013. Sekitar 6 bulan! Hihi…tapi betapa senangnya hati ini, ternyata dapat juga. Proses yang lama ini bukan tanpa alasan. Yang antri request DVD itu sangat banyak, ribuan. Jadi wajar kalau lama, ya.

Beberapa e-book PG yang pernah saya unduh dulu memang cukup bagus, banyak buku klasik, tips, panduan, dsb. Ada tentang pertanian, perikanan, teknologi, juga novel klasik maupun kontemporer. Saya sendiri belum tahu apakah e-book di dalamnya cocok bagi saya semua atau tidak. Tentu saja nanti akan saya lakukan filter terlebih dahulu sebelum dibagikan lagi ke orang/pihak lain. Setidaknya, koleksi digital perpustakaan kami bertambah lagi. Setelah sebelumnya DVD majalah elektronik dari Saudi Aramco World masuk, lalu DVD e-book majalah Pengusaha Muslim juga terbeli, kini DVD buku elektronik dari Project Gutenberg menghiasi rak DVD Pustaka Hanan. Ehem…jadi makin semangat nih nabung buat beli e-book reader ^^

Nah, bagi yang berminat mendapatkan DVD PG ini secara langsung, bisa membaca info lengkapnya di link ini atau langsung request di link ini. Hanya saja harus siap-siap menunggu lama. Lebih baik kalau meng-copy DVD yang sudah ada saja, lebih cepat. Cuma…saya belum bisa menjanjikan kapan DVD ini siap didistribusikan, sebab bahan dan alat untuk burning DVD saya rusak dan belum saya beli lagi hehe…jadi sabar aja yaaaa nunggunyaaa kalau mau copy dari Pustaka Hanan 😛 Semoga bisa lebih cepat.

1 Comment

  1. Makasih infonya
    kalau mau mendapatkan dvd yang versi march 2007 tentang ebook science, bisa gk ya ?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This