Blog Kutipan Buku Pustaka Hanan

kutipan buku pustaka hanan

Ketika membaca, kadang-kadang kita menemukan banyak kutipan yang bagus-bagus dan sayang jika harus dilewatkan. Nah, bagi kebanyakan pembaca, kutipan tersebut sering ditulis ulang dan dibagikan kepada orang-orang di sekitarnya. Seperti halnya mereka, saya pun suka sekali menyimpan kutipan-kutipan atau kalimat-kalimat bagus di buku yang saya baca. Selain kalimat singkat dan inspiratif, kadang saya juga mencatat kembali beberapa informasi penting yang dicantumkan oleh buku tersebut, misalnya tentang sejarah sesuatu benda atau hal yang ditulis dalam paragraf panjang.

Kutipan dan paragraf tersebut sangatlah bermanfaat. Selain kita bisa membacanya ulang untuk menambah semangat, kesadaran atau wawasan, kadang bisa kita gunakan lagi untuk membuat pembatas buku, gambar-gambar berisi kalimat inspiratif yang bisa kita bagi ke orang lain, kreasi-kreasi seru atau sekadar tulisan yang bisa kita share di media sosial. Bisa menjadi sarana promosi juga ‘kan? Bisa memberikan manfaat juga ‘kan?

Kutipan-kutipan itu biasanya saya ketik di dokumen dan saya simpan di laptop atau hard disk, tapi setelah saya pertimbangkan masak-masak, menurut saya kalau dibuat dalam bentuk blog mini mungkin akan lebih bagus lagi. Catatan itu jadi terarsip, dan suatu saat ketika kita ingin membuka catatan lama, kita tinggal gunakan fasilitas pencarian di blog. Akhirnya, jadilah saya buat blog kutipan bukunya di akun Tumblr saya. Lantas, mengapa di Tumblr?

Ada banyak alasan yang membuat saya memilih Tumblr. Pertama, yang menjadi pertimbangan utama saya adalah karena format Tumblr yang mini blog itu cocok sekali untuk memposting kutipan-kutipan buku yang singkat. Tumblr menyediakan fitur posting quote dan gambar yang sangat keren. Tampilannya sederhana tetapi tepat sasaran. Alasan kedua lebih bersifat pribadi. Saya memiliki banyak blog lama di akun Tumblr saya sejak tahun 2008. Saya pikir-pikir, sayang juga kalau tidak dimanfaatkan. Makanya, akhirnya saya ubah salah satu blog tersebut menjadi blog kutipan buku. Ketiga, karena Tumblr adalah micro blogging. Artinya, selain kita bisa memubplikasikan postingan, kita juga bisa saling bertukar, berbagi, menyukai dan mengomentari postingan seperti di situs media sosial Facebook atau Twitter. Lalu terakhir, Tumblr memiliki aplikasi untuk Android, jadi kapan saja dan di mana saja saya berada, saya bisa memposting kutipan yang saat itu juga saya baca dari buku.

Kekurangan blog kutipan buku saya hanya ada pada ketiadaan fitur backup secara online. Tumblr tidak menyediakannya. Jadi semisal suatu waktu saya membutuhkan backup data blog, saya tidak bisa langsung membackupnya. Cara paling mudah hanyalah dengan perantara WordPress. Jadi saya import dulu ke WordPress, dari WordPress nanti baru saya export dan unduh file backupnya. Tapi saya tidak perlu khawatir karena setiap kali saya posting di blog, kutipan-kutipan itu juga saya catat di dokumen laptop, hehe. Kalau suatu saat dibutuhkan, ya tinggal saya print saja. Simple!

Begitulah pernak-pernik kabar terbaru dari saya. Sebenarnya blog kutipan buku ini sudah lama saya buat, hanya saja baru dilaunching di situs Pustaka Hanan hari ini. Lupa membagikan kabarnya 😛

Ya sudah, kalau mau berkunjung ke blog kutipan buku kami, silakan langsung ke alamat www.pustakahanan.tumblr.com. Kasih tahu teman-teman dan saudara kamu juga ya (uhuk, kayak populer aja blognya haha). Ohya, jangan lupa difollow ya! Terima kasih ^^

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This