Tips Membuat Rak CD Unik dari CD Bekas

rak CD dari CD bekas

Siapa yang tak kenal dengan perangkat yang satu ini. Ringan, tipis, dan mampu menyimpan ratusan bahkan ribuan mega byte data digital. Memang, perkembangan era digital yang semakin pesat selalu saja memunculkan teknologi baru yang cukup memudahkan kita, salah satunya adalah Compact Disc (CD), yang kemudian diperluas menjadi beberapa jenis format. Barangkali di antara kita masih banyak yang menyimpan CD bekas atau CD rusak yang tidak terpakai, dan umumnya CD bekas tersebut hanya akan berakhir di tempat sampah. Namun hal ini tidak berlaku bagi seorang Gary, salah satu penggagas barang daur ulang dari komunitas Instructables, yang mengubah CD bekas menjadi sebuah rak CD yang unik. Kita pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain bermanfaat dan unik, kita juga ikut mengurangi sampah di sekitar kita.

Yuk, kita ikuti cara membuatnya! Tutorial ini saya sadur dari website instructables.com. Saya sendiri belum sempat untuk mencoba membuatnya di perpustakaan rumah, tapi tidak ada salahnya jika teman-teman mau langsung mencobanya sendiri.

Alat dan Bahan

alat dan bahan rak cd

Bahan

  • 15 keping CD (bisa lebih atau kurang, tergantung kebutuhan)
  • 1 batangan besi berulir, diameter 5 mm (biasa dijual per meter)
  • 5 mur kunci diameter 5 mm
  • 8 mur segi enam diameter 5 mm
  • 1 batangan silinder atau dowel stick diameter 20 mm (biasanya terbuat dari kayu, plastik atau logam)
  • 100 ring-per diameter 5 mm (biasa dijual dalam 1 paket berisi 100 pcs)

Catatan: ukuran jarak ulir sebaiknya disesuaikan antara batangan besi berulir dan mur agar mudah memutarnya.

Alat

  • Spidol permanen
  • Kunci pas atau kunci ring
  • Gergaji besi
  • Bor

Cara Membuat

Membuat Pola CD
Ambil satu CD dan buat tanda titik dengan spidol permanen di kedua sisi dari lubang pusat, di tengah-tengah antara lubang pusat dan tepi CD. Pastikan satu titik berada sekitar 1 cm di atas titik yang lain, gunanya agar penyangga CD kita nanti agak miring posisinya (lihat gambar). Lalu lubangi titik tersebut dengan bor berukuran 5 mm. Gunakan CD ini untuk membuat pola pada CD lainnya.

Membuat pola

Membuat pola

mengebor pola cd

mengebor pola cd

Memotong Batangan Berulir
Potong batangan berulir menjadi dua potongan dengan panjang 25 cm menggunakan gergaji besi. Usahakan ujung potongan dihaluskan dengan kertas amplas kasar.

memotong batangan berulir

memotong batangan berulir

Merakit Rak CD
Masukkan batang melalui satu CD lalu masukkan mur segi enam di ujung yang satu. Setelah itu, masukkan 7 ring-per pada setiap batang dilanjutkan dengan memasukkan CD lain. Setiap 5 CD, kita dapat menempatkan sebuah mur segi enam untuk mengencangkan posisi. Tapi hati-hati, lakukan dengan perlahan agar tidak memecahkan CD. Untuk satu mur segi enam, ukurannya sama dengan 2 ring-per, sehingga kita hanya perlu menempatkan 5 ring-per dan satu mur segi enam di setiap CD kelima. Setelah semua CD dimasukkan, kencangkan semua mur agar kuat.

merakit rak cd

merakit rak CD

merakit rak CD

Memasang Kaki Rak CD
Selanjutnya, potong batangan silinder sebanyak 4 potong. Dua potong berukuran 7 cm dan dua potong lainnya berukuran 6 cm. Lubangi batangan silinder dengan bor 5 mm dengan jarak 1 cm dari masing-masing ujung atas batang. Empat potongan ini akan kita gunakan sebagai kaki rak CD.

memasang kaki rak CD

memasang kaki rak CD

Terakhir, pasang kaki yang lebih tinggi untuk batang ulir pada lubang CD yang lebih tinggi. Lakukan hal yang sama dengan kaki yang lebih pendek. Pastikan semuanya berdiri lurus dan kencangkan dengan mur kunci pada setiap sisi kaki. Kini CD-CD kita sudah memiliki rumah baru yang unik. Selamat mencoba!

Catatan: Selain batang berulir, bisa juga menggunakan batangan kayu atau stick. Sebaiknya gunakan bahan yang mudah didapat dan dipotong.

Kredit foto: instructables.com

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This