Koleksi

Buku Cetak

Pustaka Hanan mulai mengoleksi buku-buku sejak tahun 2001 ketika pengelola masih duduk di bangku SMA. Hingga saat ini, kami belum menghitung secara pasti dan rinci jumlah koleksi kami karena belum terselesaikannya pendataan buku. Perkiraan terakhir yang bisa kami ingat kemungkinan besar sekitar 4.000 atau 5.000 buku.

Kami memiliki 4 rak utama untuk menyimpan koleksi buku kami yang untuk sementara ini disusun dua lapis dan masih ditempatkan di rumah pribadi pengelola. Hingga tulisan ini dibuat, kami belum juga selesai merapikan rak buku kami. Koleksi buku masih dipisahkan berdasarkan klasifikasi umum saja yakni buku-buku fiksi, non fiksi umum, non fiksi agama, ensiklopedia, komik, buku anak dan majalah. Sebagian buku-buku kami juga ada yang belum memiliki rak karena keterbatasan tempat. Meskipun begitu, beberapa target koleksi kami sudah mulai terpenuhi. Alhamdulillah.

Rak Buku Pustaka Hanan

Kanan, Rak Fiksi, Buku Anak dan Sebagian Buku Agama | Kiri, Rak Komik, Ensiklopedi dan Sebagian Agama

Rak Buku Pustaka Hanan

Rak Buku Non Fiksi Umum dan Agama

Berupaya untuk Mengoleksi Buku-Buku yang Sesuai

Setiap orang punya pemikiran sendiri-sendiri terkait buku seperti apa yang layak dan ingin mereka koleksi. Kami tidak ingin membeda-bedakan buku, sebab di balik setiap buku tentu saja ada seseorang yang dengan susah payah menggunakan energi, waktu dan pikirannya untuk menelurkan sebuah karya untuk dibaca. Tetapi, karena kami memiliki beberapa pertimbangan untuk segmentasi pembaca di perpustakaan kami, Pustaka Hanan hanya akan mengoleksi buku-buku yang kami anggap cocok dengan visi kami, “Membaca untuk Mencerahkan“.

Oleh karena tujuan kami untuk mencerahkan, maka kami selalu berupaya untuk menyeleksi setiap buku-buku yang disuguhkan di rak dan menghindari buku-buku yang mungkin bisa membawa dampak tertentu yang kurang baik bagi pembaca. Buku-buku yang kemungkinan tidak cocok tersebut hanya akan menjadi koleksi pribadi pengelola untuk bahan pembelajaran, tidak untuk disuguhkan kepada pembaca umum.

Buku Elektronik

Selain buku cetak, Pustaka Hanan juga mengoleksi ribuan buku elektronik yang berasal dari beberapa sumber, di antaranya: e-book terbitan Pustaka Hanan sendiri, Project Gutenberg, majalah elektronik Pengusaha Muslim, dan berbagai sumber e-book lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Buku elektronik ini belum rampung kami data dan rapikan berdasarkan kelompok genre.

Koleksi Audio, Audio Visual dan Multimedia

Kami juga mengoleksi aneka kaset, VCD, DVD maupun bahan multimedia yang terdiri dari berbagai jenis tema seperti ceramah agama, nasyid Islami, film dokumenter, multimedia pembelajaran sains, multimedia pembelajaran bahasa Arab dan hadits, DVD anak, murottal qur’an, dan sebagainya.

Koleksi Audio Visual dan Multimedia Pustaka Hanan

Sebagian dari Koleksi Audio Visual dan Multimedia

Koleksi Kaset Pustaka Hanan

Sebagian dari Koleksi Kaset

Koleksi Benda Filateli

Sejak SMP, pengelola Pustaka Hanan sudah mengenal dunia filateli dan sedikit demi sedikit mengumpulkan prangko-prangko baru dan bekas. Benda-benda filateli ini tidak ketinggalan pula kami masukkan di perpustakaan sebagai koleksi karena masih berkaitan erat dengan dunia arsip, yang kami simpan di beberapa album prangko. Selain prangko, benda filateli lainnya yang dikoleksi adalah Sampul Hari Pertama sebanyak 1 album.

Koleksi Benda Filateli Pustaka Hanan

Koleksi Benda Filateli

Koleksi Lainnya

Jenis koleksi lainnya di Pustaka Hanan adalah kliping. Namun untuk saat ini, koleksi kliping sedang kosong karena kesalahan penyimpanan sehingga menyebabkan kliping-kliping tersebut rusak akibat basah dan lembab. Rencananya kami akan mulai lagi melakukan penyusunan kliping.

Klasifikasi dan Katalogisasi

Pustaka Hanan memiliki target untuk melakukan katalogisasi dan klasifikasi berdasarkan sistem DDC yang biasa dipakai di perpustakaan-perpustakaan umumnya. Untuk digitalisasi database buku, kami menggunakan open source SLiMS (Senayan Library Management System) karya anak bangsa karena lebih fleksibel dan memudahkan. Menurut rencana, pendataan akan kami lakukan secara bertahap mengingat keterbatasan waktu dan tenaga pengelola.

Seluruh data koleksi Pustaka Hanan nantinya akan kami publikasikan menggunakan SLiMS di halaman Katalog Pustaka Hanan yang saat ini masih dalam proses.

Pin It on Pinterest

Share This